Ketentuan-ketentuan Lomba SMA

GEMPITA 2012
(GEBYAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKSAKTA)
HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKSAKTA (HIMASAKTA)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah:
a)   Meningkatkan wawasan dan keterampilan (skill) siswa dalam bidang ilmu eksak dan agama.
b)   Menggali dan mengembangkan potensi dan kreativitas siswa SMA dan SMP.
c)   Meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya SMA dan SMP di Lampung dalam bidang MIPA.
d)   Meningkatkan progresifitas agar menjadi generasi berintelektual dan profesional. Menjalin hubungan yang sinergis dan berkesinambungan antar civitas akademika jurusan PMIPA dengan guru maupun siswa SMA dan SMP.


Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah ”GEMPITA 2012” (Gebyar Mahasiswa Pendidikan Eksakta)

Tema Kegiatan

Tema kegiatan ini adalah ”Gali Potensi, Raih Prestasi, dan Bentuk Karakter Bangsa melalui Generasi yang Cerdas dan Kompetitif”.

Bentuk Kegiatan
a.      Lomba Pembuatan Komik Matematika
Merupakan lomba pembuatan komik yang digunakan sebagai bahan untuk membelajarkan konsep matematika. Pembuatan komik ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota empat orang. Setelah melalui tahap penyeleksian, akan terpilih 10 besar kelompok pembuat komik terbaik untuk mempresentasikan karyanya pada saat pelaksanaan lomba.

b.      Lomba Penciptaan Alat Peraga Fisika
Merupakan lomba pembuatan alat peraga fisika yang berusaha menjelaskan suatu konsep fisika menggunakan alat peraga sederhana. Lomba ini menuntut peserta berfikir kreatif untuk menciptakan alat peraga sederhana yang terbuat dari bahan-bahan sederhana yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.Seperti lomba pembuatan komik, lomba pembuatan alat peraga fisika  ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota empat orang. Setelah melalui tahap penyleksian, akan terpilih 10 besar kelompok pembuat alat peraga  terbaik dan  diminta untuk mempresentasikan karyanya pada saat pelaksanaan lomba.

c.       Lomba Keterampilan Laboratorium Kimia
Merupakan lomba yang menguji tingkat keterampilan peserta terhadap penggunaan alat-alat peraga kimia dan menggunakannya untuk membuktikan dan mencari suatu konsep kimia. Perlombaan ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari empat orang tiap kelompoknya. Perlombaan ini menggunakan sistem kompetisi untuk menentukan pemenangnya.

d.      Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Biologi
Merupakan lomba pembuatan Karya Tulis Ilmiah Bidang Biologi, yang mengkaitkan konsep biologi dengan masalah yang akan dibahas. Seperti Lomba Komik dan Pembuatan Alat Peraga Fisika ,dan Lomba Keterampilan Labolatorium  Kimia, Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi ini dilakukan secara berkelompok dengan anggota empat orang. Setelah melalui tahap penyeleksian, 10 besar kelompok pembuat karya tulis ilmiah terbaik diminta mempresentasikan karyanya pada saat pelaksanaan lomba.

e.       Lomba Majalah Dinding
Merupakan lomba pembuatan majalah dinding yang bertemakan Potensi Alam Lampungku. Lomba pembuatan majalah dinding ini juga dilakukan secara berkelompok dengan anggota 4 orang tiap timnya.

  1. Olimpiade Sains Kerohanian(OSAKA)
Merupakan lomba pembuatan karya tulis yang mengkaitkan antara sains dengan agama. Pembuatan karya tulis ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan anggota empat orang. Setelah melalui tahap penyeleksian, 10 besar kelompok pembuat karya tulis terbaik diminta mempresentasikan karyanya pada saat pelaksanaan lomba.

g.      Olimpiade Eksakta SMP
Merupakan lomba yang ditujukan untuk siswa SMP atau sederajat dalam bentuk pengerjaan soal (olimpiade) dalam bidang Sains MIPA. Olimpiade ini terdiri dari empat cabang, yaitu Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika, Olimpiade Kimia, dan Olimpiade Biologi.Perlombaan ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap penyeleksian dan tahap analisis.

h.      Lomba Pemanfaatan Barang Bekas 
     Merupakan lomba untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak berguna menjadi barang-barang yang lebih berguna, dan bernilai seni. Lomba ini terdiri dari 4 orang tiap timnya. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa seni dan kreativitas murid SMA se-Lampung


Untuk Rincian ketentuan lomba silahkan klik tautan berikut ini :

fomulir pendaftaran dapat diunduh di sini :
dan

Contact Person :
Nurul Himmah : 085379689097
Aan          : 085788201296
arief        : 085764601715  


0 komentar: