Ketentuan Lomba Penciptaan Alat Peraga Fisika

A. Persyaratan peserta
  1. Peserta lomba adalah siswa/i kelas X, XI , dan XII SMA baik negeri, swasta atau sederajat se-Lampung.
  2. Peserta berkelompok, satu tim maksimal terdiri dari tiga orang, dan setiap sekolah dapat mengutus maksimal tiga tim.
  3. Peserta/perwakilan wajib hadir pada saat Technical Meeting, yaitu pada hari Kamis, 25 Februari 2010.
  4. Menyerahkan fotocopy kartu pelajar dan pas photo berwarna 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 2 lembar dan membayar kontribusi Rp 50.000,00 per tim.

B. Acuan Mengikuti Perlombaan
  1. Mampu membuat dan merangkai suatu alat peraga yang menggambarkan fenomena fisika.
  2. Mampu menjelasklan prosedur kerja, alat, hasil percobaan dan pembahasan dari alat yang buat.
  3. Mampu menjelaskan fenomena sesuai dengan konsep atau teori yang mendasari alat peraga yang dibuat.

C. Kriteria Pembuatan Alat
  1. Sesuai dengan acuan perlombaan.
  2. Minimal harus dapat menjelaskan satu konsep fisika
  3. Tidak diwajibkan menggunakan bahan yang membutuhkan biaya besar dalam pembuatannya.
  4. Permanen, sederhana, kreatif, dan inovatif.
  5. Berguna dalam pembelajaran fisika.

D. Kriteria perlombaan

Bagi peserta diwajibkan memakai jas laboratorium pada saat kegiatan lomba (bagi peserta yang tidak memiliki jas laboratorium pada saat kegiatan lomba diharapkan langsung menghubungi panitia pada saat Technical Meeting untuk mendapatkan pinjaman dari panitia).

Alokasi waktu untuk setiap peserta 60 menit.

Dapat menjelaskan konsep dan teori yang melandasinya.

Alat dikumpulkan pada saat pendaftaran tanggal 22 Januari 2010-20 Februari 2010 beserta makalah yang berisi prosedur penggunaan alat untuk dilakukan proses seleksi kepada panitia GEMPITA 2010.

Pengumuman peserta yang lulus seleksi dapat dilihat di blog Himasakta dengan alamat himasakta-fkip-unila.blogspot.com atau di situs www.himasakta-fkip.co.cc .

Pada saat perlombaan, peserta diminta untuk mempresentasikan prosedur percobaan, penggunaan alat, melakukan percobaan, dan pembahasan data yang diperoleh didepan dewan juri.



E. Kriteria penilaian
  1.  Kesesuaian antara teori dan konsep fisika yang digunakan.
  2. Penguasaan materi dan acuan perlombaan.
  3.  Ketepatgunaan alat.
  4. Kelemahan dan kelebihan alat.
  5. Bentuk ( kepraktisan ).
  6. Inovatif.
  7. Kreatif.
  8. Manfaat dalam pembelajaran fisika.

0 komentar: