Ketentuan Lomba Alat Peraga Fisika
A.
PersyaratanPeserta
1.
Peserta lomba adalah siswa/i kelas
X, XI, dan XII SMA/MA/SMK atau sederajat se-Sumbagsel.
2.
Peserta berkelompok, satu tim
terdiri dari dua sampai empat orang, dan setiap sekolah dapat mengirim maksimal
tiga tim.
3.
Peserta/perwakilan wajib hadir pada
saat Technical Meeting, yaitu pada
hari Sabtu, 21 Februari 2015 (apabila tidak hadir, harus menyetujui hasil
kesepakatan Technical Meeting).
4.
Menyerahkan fotokopi kartu pelajar atau surat keterangan siswa oleh kepala sekolah dan
membayar kontribusi Rp 150.000,00 per
tim.
5.
Pendaftaran dapat dilakukan secara
langsung di sekretariat Himasakta atau dikirimkan via pos dengan menyertakan
formulir, berkas perlombaan, dan fotokopi bukti pembayaran, serta mengirim softcopy berkas dalam bentuk format PDF via email ke alamat himasakta.fkip.unila@gmail.com dengan subjek: GEMPITA2015: Nama Sekolah_Team (A/B/C)_Cabang Lomba.
6.
Pembayaran dapat dikirim ke rekening
BNI No. 0271254933 a.n. Riya Pebriyani
atau BRI no. 5663-01-009072-53-2 a.n Riya Pebriyani
7.
Berkas pendaftaran dikirimkan ke
alamat: Sekretariat Himasakta d.a. Jl.
Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Gd. PKM FKIP Universitas Lampung, 35145.
8.
Tidak menerima pendaftaran via sms
atau telephone (system booking).
B. Acuan Mengikuti Perlombaan
1.
Mampu membuat dan merangkai suatu alat
peraga yang menggambarkan fenomena fisika.
2.
Mampu menjelaskan prosedur kerja,
alat, hasil percobaan dan pembahasan dari alat yang buat.
3.
Mampu menjelaskan fenomena sesuai
dengan konsep atau teori yang mendasari alat peraga yang dibuat.
C. Kriteria Pembuatan Alat
1.
Sesuai dengan acuan perlombaan.
2.
Kokoh, sederhana, kreatif,
daninovatif.
3.
Minimal harus dapat menjelaskan satu
konsep fisika.
4.
Berguna dalam pembelajaran fisika.
5.
Alat belum pernah mendapatkan juara
I, II, III dan harapan dalam perlombaan apapun.
D. Kriteria Perlombaan
1.
Tulisan di dukung oleh data atau
informasi terpercaya.
2.
Format penulisan karya ilmiah
disesuaikan dengan format penulisan yang telah ditentukan oleh panitia.
3.
Sumber acuan harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
4.
Berkas yang dikumpulkan berupa makalah
sebanyak 4 rangkap (termasuk karya asli)
dengan sampul warna hijau dan CD sebanyak 1 keping, berisi makalah dan
slide presentasi pada saat mendaftar tanggal 01
Februari - 11 Februari 2015 untuk dilakukan proses seleksi oleh juri.
5.
Slide dan makalah diketik
menggunakan program Microsoft Office
2007.
6.
Dari semua karya tulis ilmiah yang
terdaftar akan diambil 10 makalah untuk masuk tahap presentasi berdasarkan
penilaian makalah.
7.
Pengumuman peserta yang berhak mengikuti tahap presentasi dapat dilihat di web HIMASAKTA (http://himasakta.fkip.unila.ac.id) dan akan dihubungi oleh panitia yang bertugas pada tanggal 18 Februari 2015 pukul 14.00 WIB.
8.
Sepuluh karya terbaik hasil seleksi
diwajibkan membawa alat peraga dan mempresentasikan karyanya pada tanggal 26 Februari 2015.
9.
Bagi peserta yang mengikuti presentasi diwajibkan memakai jas laboratorium
pada saat kegiatan lomba (bagi peserta yang tidak memiliki jas laboratorium
pada saat kegiatan lomba diharapkan langsung menghubungi panitia pada saat Technical Meeting untuk mendapatkan
pinjaman dari panitia).
10.
Alokasi waktu untuk setiap peserta
40 menit, yang terdiri dari 25 menit presentasi dan 15 menit tanya jawab.
11.
Alat peraga Fisika yang memperoleh juara I, II, dan III menjadi hak milik
panitia.
12.
Keputusan dewan juri dalam penyeleksian, penilaian dan penentuan pemenang
tidak dapat di ganggu gugat.
E. Format Penulisan Makalah
1.
Sistematika
Penulisan
COVER
Lembar Pengesahan
Daftar Isi
I.
Pendahuluan
A. Latar
Belakang
B. Tujuan
Pembuatan Alat
II.
Tinjauan Pustaka
III.
Prosedur Pembuatan Alat
A. Alat
dan Bahan
B. Cara
Pembuatan
IV.
Pembahasan
V.
Penutup
A. Simpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran (Jika Perlu)
2.
Persyaratan
Penulisan
a.
Naskah ditulis minimal 20 halaman
dan maksimal 35 halaman (terhitung mulai Bab I sampai dengan Bab V).
b.
Bahasa Indonesia yang digunakan
hendaknya baku dengan tataan bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana,
jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak
menggunakan singkatan seperti tdk, yg, dgn, dll, sbb.
c.
Naskah yang tidak sesuai dengan
kriteria perlombaan dinyatakan gugur.
3.
TataCara
Pengetikan
1.
Tata
Letak
a. Karya
tulis diketik dengan spasi 1,5 spasi pada kertas berukuran A4 (Times New Roman,12)
b. Batas
Pengetikan :
·
Samping kiri 4 cm.
·
Samping kanan 3 cm.
·
Batas atas dan bawah masing-masing 3
cm.
·
Batas pengetikan 3 cm pada bagian
bawah
c. Jarak
pengetikan antara bab dan sub-sub 3 spasi, sub-sub dan kalimat dibawahnya 2
spasi.
d. Judul
bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 6 cm dari tepi
atas tanpa digarisbawahi.
e. Judul
sub-sub ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis
dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
f. Judul
anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 ketukan. Huruf
pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas
seperti yang, dari, dan.
2.
Pengetikan
Kalimat
Alinea baru
diketik sebaris dengan baris diatasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan
langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya
diberi tanda petik.
3.
Penomoran
Halaman
·
Bagian pendahuluan yang meliputi
halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi
memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii, iii dan
seterusnya).
·
Bagian tubuh/pokok sampai dengan
bagian penutup memakai angka dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan
1,5 cm dari tepi atas (1, 2, 3, dan seterusnya).
·
Nomor halaman pertama dari tiap bab
tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
F.
Kriteria
penilaian
1.
Kesesuaian
antara teori dan konsep fisika yang digunakan.
2.
Sistematika
penulisan makalah dan kesesuaian dengan EYD.
3.
Kelemahan
dan kelebihan alat.
4.
Bentuk.
5.
Inovatif
dan Kreatif.
6.
Manfaat
dalam pembelajaran fisika.
0 komentar:
Posting Komentar