Ketentuan Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi (LKTIB)
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH BIOLOGI
A.
Persyaratan
Peserta
1.
Peserta lomba adalah siswa/i kelas
X, XI, dan XII SMA/MA/SMK atau sederajat se-Sumbagsel.
2.
Peserta berkelompok, satu tim
terdiri dari dua sampai empat orang, dan setiap sekolah dapat mengirim maksimal
tiga tim.
3.
Peserta/perwakilan wajib hadir pada
saat Technical Meeting, yaitu pada
hari Sabtu, 21Februari 2015 (apabila tidak hadir, harus menyetujui hasil
kesepakatan Technical Meeting).
4.
Menyerahkan fotokopi kartu pelajar atau surat keterangan siswa oleh kepala sekolah dan
membayar kontribusi Rp 150.000,00 per
tim.
5.
Pendaftaran dapat dilakukan secara
langsung di sekretariat Himasakta atau dikirimkan via pos dengan menyertakan
formulir, berkas perlombaan, dan fotokopi bukti pembayaran, serta mengirim softcopy berkas dalam bentuk format PDF
via email ke alamat himasakta.fkip.unila@gmail.com dengan subjek: GEMPITA2015: Nama Sekolah_Team (A/B/C)_Cabang Lomba.
6.
Pembayaran dapat dikirim ke rekening
BNI No. 0271254933 a.n. Riya Pebriyani
atau BRI no. 5663-01-009072-53-2 a.n Riya Pebriyani
7.
Berkas pendaftaran dikirimkan ke
alamat: Sekretariat Himasakta d.a. Jl.
Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Gd. PKM FKIP Universitas Lampung, 35145.
8.
Tidak menerima pendaftaran via sms
atau telephone (system booking).
9.
Tema Karya Tulis Ilmiah adalah “Bio-Teknologi
yang Inovativ dan Aplikatif untuk Menjawab Permasalahan Bangsa ”dengan
sub-tema:
-
Dalam
Bidang Pangan
-
Dalam
Bidang Kesehatan
-
Dalam
Bidang Lingkungan
B.
Kriteria
Perlombaan
1.
Tulisan berisi gagasan yang kreatif
untuk memberi solusi suatu permasalahan yang berkembang di lingkungan
masyarakat yang merupakan hasil pemikiran yang terbuka.
2.
Tulisan tidak bersifat emosional
atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
3.
Tulisan tidak menyinggung SARA dan
unsur-unsur yang melanggar norma susila.
4.
Tulisan didukung oleh data atau
informasi terpercaya.
5.
Karya tulis yang ditampilkan harus
bersifat asli/bukan hasil plagiatisme (bukan karya jiplakan) dan belum pernah
diikut sertakan di perlombaan lain.
6.
Format penulisan karya ilmiah
disesuaikan dengan format penulisan yang telah ditentukan oleh panitia.
7.
Tiap langkah penulisan dirancang
secara sistematis dan runtut.
8.
Isi tulisan berdasarkan hasil
penelitian atau pengamatan atau telaah pustaka.
9.
Sumber acuan harus jelas dan dapat
dipertanggungjawabkan.
10.
Melampirkan surat pernyataan
keaslian karya yang dilombakan.
11.
Berkas yang dikumpulkan berupa makalah
sebanyak 4 rangkap (termasuk karya asli)
dengan sampul warna ungu dan CD sebanyak 1 keping, berisi makalah dan
slide presentasi pada saat mendaftar tanggal 01 Februari - 11 Februari 2015 untuk dilakukan proses seleksi oleh juri.
12.
Slide dan makalah diketik
menggunakan program Microsoft Office
2007.
13.
Dari semua karya tulis ilmiah yang
terdaftar akan diambil 10 makalah untuk masuk tahap presentasi berdasarkan
penilaian makalah dan juga kesesuaian kriteria perlombaan.
14.
Pengumuman peserta yang lulus seleksi dapat dilihat di web Himasakta
dengan alamat http://himasakta.fkip.unila.ac.id/dan akan dihubungi oleh panitia pada tanggal 18 Februari 2015 pukul 14.00 WIB.
15.
Sepuluh karya terbaik hasil seleksi
diwajibkan mempresentasikan karyanya pada tanggal 27 Februari 2015.
16.
Alokasi waktu untuk setiap peserta
30 menit, yang terdiri dari 10 menit presentasi dan 20 menit tanya jawab.
17.
Keputusan dewan juri dalam
penyeleksian, penilaian dan penentuan pemenang tidak dapat diganggu gugat.
C.
Pembimbing
Setiap kegiatan oleh siswa perlu mendapat bimbingan dari seorang
guru secara intensif.
D.
Format
Penulisan Karya Ilmiah
1.
Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur
sebagai berikut :
1.1.
Bagian
Awal
a)
Halaman Judul
·
Judul diketik dengan huruf besar,
hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak
membuka peluang untuk penafsiran ganda.
·
Nama penulis dan nomor induk siswa
ditulis dengan jelas.
·
Sekolah asal ditulis dengan jelas.
b)
Lembar Pengesahan
·
Lembar pengesahan memuat judul, nama
penulis dan nomor induk siswa.
·
Lembar pengesahan ditandatangani
oleh Guru Pembimbing, dan Kepala Sekolah/ Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
lengkap dengan stempel sekolah.
·
Lembar pengesahan dilengkapi dengan
tanggal sesuai tanggal pengesahan
c)
Kata Pengantar dari Penulis.
d)
Daftar isi dan daftar lain yang
diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel
dan tabel lampiran.
1.2.
Bagian
Inti
a)
Pendahuluan
Bagian
Pendahuluan berisi hal-hal :
·
Perumusan masalah yang mencakup
latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis
dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut ditelaah.
·
Uraian singkat mengenai gagasan
kreatif yang ingin disampaikan.
·
Mengandung pertanyaan yang akan
dijawab melalui penulisan.
·
Tujuan dan manfaat yang ingin
dicapai melalui penulisan.
b)
Telaah Pustaka
Telaah Pustaka
berisi tentang :
·
Uraian yang menunjukkan landasan
teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah-masalah yang akan dikaji.
·
Uraian mengenai pendapat yang
berkaitan dengan masalah yang dikaji.
·
Uraian mengenai pemecahan masalah
yang pernah dilakukan.
c)
Metode Penulisan
Penulisan dilakukan
dengan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat dan cara
atau prosedur pengumpulan data atau informasi, pengolahan data dan atau
informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan serta merumuskan saran atau
rekomendasi.
d)
Bagian Isi atau Pembahasan
·
Analisis permasalahan didasarkan
pada data atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif
model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
·
Simpulan harus konsisten dengan
analisis permasalahan.
·
Saran disampaikan berupa kemungkinan
atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.
1.3.
Bagian
Akhir
a)
Daftar Pustaka harus ditulis untuk
memberikan informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang
disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama
pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit dan nama penerbit.
Penulisan daftar puataka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul, tulisan, nama jurnal, volume
dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet
ditulis alamat web site-nya.
b)
Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal
mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah
dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
c)
Lampiran (jika diperlukan).
2.
Persyaratan
Penulisan
a)
Naskah ditulis minimal 20 halaman
dan maksimal 35 halaman (terhitung mulai Bab I sampai dengan Bab V).
b)
Bahasa Indonesia yang digunakan
hendaknya baku dengan tataan bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas,
satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan
singkatan seperti tdk, yg, dgn, dll, sbb.
c)
Naskah yang tidak sesuai dengan
ketentuan lomba dinyatakan gugur.
3.
Format
Pengetikan
1.
Tata
Letak
a. Karya
tulis diketik dengan spasi 1,5 spasi pada kertas berukuran A4 (Times New Roman,12)
b. Batas
Pengetikan :
·
Samping kiri 4 cm.
·
Samping kanan 3 cm.
·
Batas atas dan bawah masing-masing 3
cm.
·
Batas pengetikan 3 cm pada bagian
bawah
c. Jarak
pengetikan antara bab dan sub-sub 3 spasi, sub-sub dan kalimat dibawahnya 2
spasi.
d. Judul
bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 6 cm dari tepi
atas tanpa digarisbawahi.
e.
Judul sub-sub ditulis mulai dari
sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali
kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
f.
Judul
anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 ketukan. Huruf
pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas
seperti yang, dari, dan.
2.
Pengetikan
Kalimat
Alinea baru
diketik sebaris dengan baris diatasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan
langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya
diberi tanda petik.
3.
Penomoran
Halaman
a. Bagian
pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata
pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan
bawah (i, ii, iii dan seterusnya).
b.
Bagian
tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka dan diketik dengan jarak
3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1, 2, 3, dan seterusnya).
c.
Nomor halaman pertama dari tiap bab
tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
E.
Kriteria
Penilaian
1.
Penilaian
karya tulis terdiri dari :
a.
Kesesuaian
format karya tulis dengan pedoman yang diberikan (15%).
b.
Penggunaan
bahasa Indonesia sesuai dengan EYD (10%).
c.
Korelasi
antar judul, isi, latar belakang, tujuan dan kesimpulan (25%).
d.
Muatan
isi (25%).
e.
Kekuatan
isi (25%)
2.
Penilaian
Presentasi terdiri dari :
a.
Bahasa
lisan yang baku (15%).
b.
Kelancaran
dalam presentasi (15%).
c.
Kemampuan
dalam menggunakan media (10%).
d.
Penguasaan
dalam menyampaikan makalah (30%).
0 komentar:
Posting Komentar