Ketentuan Lomba Karya Tulis Ilmiah Biologi (LKTIB)

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH BIOLOGI
A.      Persyaratan Peserta
1.             Peserta lomba adalah siswa/i kelas X, XI, dan XII SMA/MA/SMK atau sederajat se-Sumbagsel.
2.             Peserta berkelompok, satu tim terdiri dari dua sampai empat orang, dan setiap sekolah dapat mengirim maksimal tiga tim.
3.             Peserta/perwakilan wajib hadir pada saat Technical Meeting, yaitu pada hari Sabtu, 21Februari 2015 (apabila tidak hadir, harus menyetujui hasil kesepakatan Technical Meeting).
4.             Menyerahkan fotokopi kartu pelajar atau surat keterangan siswa oleh kepala sekolah dan membayar kontribusi Rp 150.000,00 per tim.
5.             Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di sekretariat Himasakta atau dikirimkan via pos dengan menyertakan formulir, berkas perlombaan, dan fotokopi bukti pembayaran, serta mengirim softcopy berkas dalam bentuk format PDF via email ke alamat himasakta.fkip.unila@gmail.com dengan subjek: GEMPITA2015: Nama Sekolah_Team (A/B/C)_Cabang Lomba.
6.             Pembayaran dapat dikirim ke rekening BNI No. 0271254933 a.n. Riya Pebriyani atau BRI no. 5663-01-009072-53-2 a.n Riya Pebriyani
7.             Berkas pendaftaran dikirimkan ke alamat: Sekretariat Himasakta d.a. Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Gd. PKM FKIP Universitas Lampung, 35145.
8.             Tidak menerima pendaftaran via sms atau telephone (system booking).
9.             Tema Karya Tulis Ilmiah adalah “Bio-Teknologi yang Inovativ dan Aplikatif untuk Menjawab Permasalahan Bangsa dengan sub-tema:
-       Dalam Bidang Pangan
-       Dalam Bidang Kesehatan
-       Dalam Bidang Lingkungan
B.       Kriteria Perlombaan
1.             Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk memberi solusi suatu permasalahan yang berkembang di lingkungan masyarakat yang merupakan hasil pemikiran yang terbuka.
2.             Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
3.             Tulisan tidak menyinggung SARA dan unsur-unsur yang melanggar norma susila.
4.             Tulisan didukung oleh data atau informasi terpercaya.
5.             Karya tulis yang ditampilkan harus bersifat asli/bukan hasil plagiatisme (bukan karya jiplakan) dan belum pernah diikut sertakan di perlombaan lain.
6.             Format penulisan karya ilmiah disesuaikan dengan format penulisan yang telah ditentukan oleh panitia.
7.             Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
8.             Isi tulisan berdasarkan hasil penelitian atau pengamatan atau telaah pustaka.
9.             Sumber acuan harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
10.         Melampirkan surat pernyataan keaslian karya yang dilombakan.
11.         Berkas yang dikumpulkan berupa makalah sebanyak 4 rangkap (termasuk karya asli) dengan sampul warna ungu dan CD sebanyak 1 keping, berisi makalah dan slide presentasi pada saat mendaftar tanggal 01 Februari - 11 Februari 2015 untuk dilakukan proses seleksi oleh juri.
12.         Slide dan makalah diketik menggunakan program Microsoft Office 2007.
13.         Dari semua karya tulis ilmiah yang terdaftar akan diambil 10 makalah untuk masuk tahap presentasi berdasarkan penilaian makalah dan juga kesesuaian kriteria perlombaan.
14.         Pengumuman peserta yang lulus seleksi dapat dilihat di web Himasakta dengan alamat http://himasakta.fkip.unila.ac.id/dan akan dihubungi oleh panitia pada tanggal 18 Februari 2015 pukul 14.00 WIB.
15.         Sepuluh karya terbaik hasil seleksi diwajibkan mempresentasikan karyanya pada tanggal 27 Februari 2015.
16.         Alokasi waktu untuk  setiap peserta 30 menit, yang terdiri dari 10 menit presentasi dan 20 menit tanya jawab.
17.         Keputusan dewan juri dalam penyeleksian, penilaian dan penentuan pemenang tidak dapat diganggu gugat.
C.       Pembimbing
Setiap kegiatan oleh siswa perlu mendapat bimbingan dari seorang guru secara intensif.
D.      Format Penulisan Karya Ilmiah
1.    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut :
1.1.       Bagian Awal
a)        Halaman Judul
·           Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
·           Nama penulis dan nomor induk siswa ditulis dengan jelas.
·           Sekolah asal ditulis dengan jelas.
b)        Lembar Pengesahan
·           Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis dan nomor induk siswa.
·           Lembar pengesahan ditandatangani oleh Guru Pembimbing, dan Kepala Sekolah/ Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan lengkap dengan stempel sekolah.
·           Lembar pengesahan dilengkapi dengan tanggal sesuai tanggal pengesahan
c)        Kata Pengantar dari Penulis.
d)        Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel  dan tabel lampiran.
1.2.       Bagian Inti
a)        Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal :
·           Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut ditelaah.
·           Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan.
·           Mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan.
·           Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
b)        Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi tentang :
·           Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah-masalah yang akan dikaji.
·           Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji.
·           Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
c)        Metode Penulisan
Penulisan dilakukan dengan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat dan cara atau prosedur pengumpulan data atau informasi, pengolahan data dan atau informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan serta merumuskan saran atau rekomendasi.
d)        Bagian Isi atau Pembahasan
·           Analisis permasalahan didasarkan pada data atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
·           Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan.
·           Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.
1.3.       Bagian Akhir
a)        Daftar Pustaka harus ditulis untuk memberikan informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit dan nama penerbit. Penulisan daftar puataka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis,  tahun, judul, tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat web site-nya.
b)        Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
c)        Lampiran (jika diperlukan).
2.    Persyaratan Penulisan
a)            Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 35 halaman (terhitung mulai Bab I sampai dengan Bab V).
b)           Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tataan bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, yg, dgn, dll, sbb.
c)           Naskah yang tidak sesuai dengan ketentuan lomba dinyatakan gugur.
3.    Format Pengetikan
1.        Tata Letak
a.    Karya tulis diketik dengan spasi 1,5 spasi pada kertas berukuran A4 (Times New Roman,12)
b.    Batas Pengetikan :
·           Samping kiri 4 cm.
·           Samping kanan 3 cm.
·           Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm.
·           Batas pengetikan 3 cm pada bagian bawah
c.    Jarak pengetikan antara bab dan sub-sub 3 spasi, sub-sub dan kalimat dibawahnya 2 spasi.
d.    Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 6 cm dari tepi atas tanpa digarisbawahi.
e.    Judul sub-sub ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
f.     Judul anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 ketukan. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas seperti yang, dari, dan.
2.        Pengetikan Kalimat
Alinea baru diketik sebaris dengan baris diatasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya diberi tanda petik.
3.        Penomoran Halaman
a.    Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii, iii dan seterusnya).
b.    Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas (1, 2, 3, dan seterusnya).
c.    Nomor halaman pertama dari tiap bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.


E.       Kriteria Penilaian
1.    Penilaian karya tulis terdiri dari :
a.         Kesesuaian format karya tulis dengan pedoman yang diberikan (15%).
b.         Penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan EYD (10%).
c.         Korelasi antar judul, isi, latar belakang, tujuan dan kesimpulan (25%).
d.         Muatan isi (25%).
e.         Kekuatan isi (25%)
2.    Penilaian Presentasi terdiri dari :
a.         Bahasa lisan yang baku (15%).
b.         Kelancaran dalam presentasi (15%).
c.         Kemampuan dalam menggunakan media (10%).
d.         Penguasaan dalam menyampaikan makalah (30%).
e.         Kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan juri (30%)


0 komentar: